Pelaksanaan Idul Adha 1434H

Assalamualaikum kawan kawan semua!

      
       Rabu, 16 Oktober 2013 kemarin SMAN 2 Cimahi mengadakan qurban yang dilaksanakan di lingkungan sekolah. Alhamdullillah berkat dana yang OSIS MPK dan HKPI kumpulkan dari berbagai sumber termasuk infaq kawan-kawan, SMAN 2 Cimahi tahun ini bisa qurban 2 sapi.


"Proses Pemotongan Sapi"




"Pemotongan daging dan tulang oleh panitia qurban
yang terdiri dari OSIS MPK, HKPI dan Guru"
                                                  





Proses pembagian hewan kurban
kepada warga sekitar SMAN 2 Cimahi"


Dan perintah berkurban itu sebenarnya mengandung makna:


1. Wujud rasa syukur
      Allah SWT selalu memberi nikmat kepada semua makhluk, khususnya manusia. Bumi sebagai tempat tinggal, udara untuk bernapas, tanaman untuk dimakan, air untuk diminum, organ tubuh untuk bisa menikmati semua kekayaan alam semesta, yang kesemuanya itu diberikan secara cuma-cuma. Kita menikmatinya setiap hari, sementara Allah SWT mewajibkan kita berkurban setahun sekali, itupun bagi yang mampu. Berkurban adalah manifestasi rasa syukur kita kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta.

2. Kepekaan sosial
       Hewan yang kita kurbankan, bisa disembelih sendiri atau disumbangkan di masjid atau mushalla terdekat dan kita tidak boleh memakannya sedikitpun. Karena daging kurban kita adalah hak fakir miskin dan kaum dhuafa. Makan daging adalah sesuatu yang biasa bagi kita, namun bagi mereka yang kurang beruntung adalah sebuah nikmat yang sangat luar biasa. Karena itu berkurban adalah sebagai wujud kepekaan kita terhadap sosial, waktu kita untuk berbagi dan saat kita untuk berbaur dengan masyarakat golongan bawah.

       Semoga tahun depan kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan qurban dan semoga qurban yang dilaksanakan tahun ini menjadi berkah bagi kita semua, Amin.


“Sesungguhnya Kami telah memberimu nikmat yang banyak. Maka   laksanakanlah salat karena Tuhanmu dan sembelihlah kurban.” 
  
(QS Al-Kautsar 1-2)
  

Komentar

  1. wuih keren . coba materi blog nya di tambah kegiatan nya yang dimulai dari perencanaan kegiatan dan diakhiri evaluasi . terus menjadi lebih baik

    BalasHapus

Posting Komentar