Pelaksanaan UN CBT di SMA Negeri 2 Cimahi


Minggu, 03 April 2016 | 16.55 WIB


Tanggal 04 April 2016 secara serempak seluruh sekolah menengah atas (SMA) di Indonesia melakukan ujian nasional dengan 6 mata pelajaran yang di UN kan, yaitu Bahasa Indonesia, Kimia, Matematika, Biologi, Fisika, dan Bahasa Inggris untuk jurusan IPA. Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi untuk jurusan IPS.
Saat ini terdapat 2 tipe ujian nasional, yaitu Ujian Nasional tertulis dan Ujian Nasional berbasis komputer (UN BK) atau UN CBT (Computer Based Test). Ujian Nasional berbasis komputer merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Sekolah yang dapat melakukan UN BK ini adalah sekolah yang telah memenuhi persyaratan, diantaranya jumlah komputer atau PC 1/3 dari jumlah siswanya, memiliki koneksi internet dengan speed yang bagus, memiliki genset listrik dengan kapasitas yang cukup, dan memiliki ruangan yang cukup.
SMA Negeri 2 Cimahi pun memilih untuk melakukan ujian nasional  berbabis komputer (UN BK).


Menurut penuturan Kepala SMA Negeri 2 Cimahi, UN CBT akan dilaksanakan selama 6 hari, yaitu dimulai dari hari Senin, tanggal 04 April 2016 sampai dengan hari Kamis, tanggal 07 April 2016, dan akan dilanjutkan pada hari Senin berikutnya, tanggal 10 April 2016 sampai dengan hari selasa tanggal 12 April 2016.


Harits Kamaaluddin, salah satu siswa kelas 12 berpendapat bahwa persiapan untuk menghadapi UN CBT sama saja dengan persiapan melaksanakan Ujian Nasional tertulis, diantaranya mengerjakan soal secara intensif dan hadir saat pemantapan berlangsung. Ia mengakui lebih menyukai UN CBT dibanding Ujian nasional.
“Saya lebih menyukai UN CBT, karena waktu lebih efisien, dan saya tidak dipusingkan dengan pembulatan jawaban, selain itu UN CBT pun lebih hemat biaya karena tidak memerlukan kertas, dan lebih ramah lingkungan.” (01/04/2016)
Sekolah pun telah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk pelaksanaan UN CBT, diantaranya ruangan, internet, dan yang paling utama adalah komputer. Sekolah pun meyakinkan bahwa tidak akan ada pemadaman listrik saat UN CBT sedang berlangsung. UN CBT sendiri, akan dilaksanakan di 3 ruangan terpisah, yaitu di laboraturium bahasa, ruang multimedia, dan laboraturium komputer. Pelaksanaannya pun akan dibagi menjadi 3 shift, yaitu shift pertama pukul 08.00 WIB-10.00 WIB, shift kedua pukul 11.00 WIB-13.00 WIB, dan shift terakhir pukul 02.00 WIB-04.00 WIB.
Kepala sekolah SMAN 2 Cimahi mengakui bahwa UN CBT memiliki banyak keuntungan.
“UN CBT dapat melatih kejujuran siswa, biaya nya pun lebih murah karena sekolah tidak perlu membeli lembar soal, dan tidak perlu membayar kurir untuk pengiriman lembar jawaban Ujian Nasional, selain itu saat pelaksaan ujian listening Bahasa Inggris  berlangsung, siswa akan mendengar soal lebih jelas, karena sekolah telah menyediakan earphone untuk masing-masing peserta ujian nasional.”(31/03/2016)
Namun disamping memiliki banyak keuntungan, UN CBT pun memiliki beberapa kekurangan diantaranya mata siswa mudah lelah saat melihat komputer berjam-jam, dan ditakutkan adanya pemadaman listrik saat UN CBT sedang berlangsung.
Adapun ujian nasional susulan akan dilaksanakan seminggu setelah UN CBT berlangsung. Sedangkan ujian nasional perbaikan yang diperuntukan bagi siswa yang mendapat nilai dibawah 5,5, akan dilaksanakan pada semester berikutnya. Menurut penuturan kepala sekolah, hasil kelulusan akan diumumkan pada tanggal 07 Mei 2016.
Pesan dari kepala sekolah untuk siswa-siswi kelas 12 yang akan melaksanakan UN CBT.


“Semoga siswa-siswi kelas 12 dapat melaksanakan UN CBT dengan sebaik-baiknya,dan dapat menghasilkan prestasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Sukses selalu,  dan semoga pembelajaran yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Cimahi selama 3 tahun ini, dapat dijadikan modal untuk melangkah ke jenjang selanjutnya.”(31/04/2016)
Selain itu terdapat pula pesan dari siswa kelas 10 dan 11 kepada siswa kelas 12 yang akan melaksanakan UN CBT.


“Semakin rajin belajarnya, jangan terlalu diporsir, terus beribadah dan berdoa kepada tuhan, terus ikhtiar dan bertawakal. Selain itu semoga cita-cita yang diimpikan tercapai, sukses dunia dan akhirat, dan jangan pernah lupakan SMA Negeri 2 Cimahi.”(29/03/2016)
Harits, salah satu siswa kelas 12 pun memiliki pesan dan harapan kepada SMA Negeri 2 Cimahi, adik kelas, guru-guru, dan teman seangkatan.

“Semoga SMAN 2 Cimahi lebih maju, apa yang dicita-citakan sekolah ini dapat tercapai, dan semoga aturan yang ada bisa ditingkatkan lagi. Pesan untuk adik kelas, jangan memalukan nama SMAN 2 Cimahi, semoga kalian bisa lebih kreatif, dan GANS yang akan diselenggrakan nanti sukses. Pesan untuk guru-guru, semoga ibu dan bapak guru dapat mempertahankan predikat guru SMAN 2 Cimahi yang terkenal hebat-hebat. Dan terakhir pesan untuk teman-teman seangkatan saya, jadilah orang yang bermanfaat bagi lingkungan, keluarga, dan negara, jangan pernah lupakan almamater kita, dan yang terpenting jangan lupakan semua teman-teman kalian yang telah berjuang bersama-sama dari pertama masuk sekolah ini, hingga saat ini kita akan lulus, kita masuk sekolah ini bersama-sama, maka kita pun harus lulus bersama-sama.”(01/04/2016) 

Komentar

Posting Komentar