Pendidikan Pancasila di Usia Dini



Pancasila adalah dasar Negara Indonesia tetapi banyak masyarakat yang tidak menerapkan dasar Negara kita ini baik dari kalangan bawah hingga kalangan tinggi. Ada tradisi disetiap sekolah dari mulai tk hingga SMA, yaitu upacara bendera yaitu yang salah satunya pembacaan teks Pancasila. Walaupun dari SD hingga SMA melakukan upacara tetapi hanya sedikit orang yang menerapkan Pancasila tersebut karena dari usia dini belum diajarkan padahal memori anak usia dini paling mudah merekamnya. Cara ini bisa jadi menjadi salah satu jalan keluar untuk membuat anak-anak mulai mengenali sila demi sila dalam Pancasila dan mulai diajari nilai-nilai yang tercermin dari tiap sila itu.

Sebagaimana kita lihat bahwa rentang usia 4-6 tahun disebut dengan masa usia dini, yang merupakan masa keemasan bagi seseorang  karena masa inilah seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan cepat oleh anak melalui seluruh panca indranya. Sebagai analoginya bahwa anak ibarat spons yang mampu menyerap air tanpa peduli apakah air itu bersih atau kotor, oleh karena itu masa ini sering disebut dengan masa kritis untuk memperkenalkan dan menanamkan segala hal yang positif dan berguna bagi perkembangan anak dimasa selanjutnya.

Dengan pembelajaran terpadu anak diajak untuk bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Contohnya, penanaman nilai-nilai luhur yang tercermin dalam Pancasila diajarkan kepada anak-anak melalui kegiatan sembahyang bersama. Nilai kebersamaan yang merupakan penjabaran nilai persatuan dikenalkan kepada anak-anak melalui permainan yangmenonjolkan pentingnya kerja sama diantara mereka. 

Itulah contoh penerapan pancasila dalam usia dini. Jika diterapkan dan diperkenalkan terus menerus tentang isi pancasila maka anak tersebut akan mudah menghafal ini cara efektif agar anak dapat menerapkan pancasila di kehidupannya. Karena kurangnya penerapan nilai-nilai pancasila yang terjadi sekarang ini harus mulai kita perbaiki. Dengan pendidikan Pancasila di usia dini anak diperkenalkan tentang apa itu pancasilan dan cara mengamalkan pancasila.


Komentar