Punya Penghasilan Sejak Dini? Siapa Takut!

Zaman sekarang, sepertinya terasa kurang jika hanya mengandalkan uang jajan yang diberikan orang tua setiap harinya saat akan pergi ke sekolah. Maka dari itu, beberapa pelajar kreatif yang memanfaatkan waktu luangnya untuk mencoba berbisnis dengan cara berinvestasi demi sama depan mereka. Diantara nya adalah MLM (Multi Level Marketing) yang bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari produk kecantikan hinggal jual-beli pulsa. 


Nah kali ini kami akan mengajak teman-teman pelajar  untuk ikut berbisnis tetapi bukan MLM, melainkan membuka usaha sendiri yang belakangan lebih dikenal dengan sebutan ‘’Wirausaha”. Jenis wirausaha yang paling pas untuk pelajar adalah usaha yang yang bersifat part time yang tentunya tidak mengganggu aktivitas belajar mengajarnya. Berikut sedikit pilihan usaha untuk para pelajar yang bisa dicoba:

1.    Les Privat
Untuk pelajar yang sudah SMA, bisa membuka les privat untuk bidang-bidang studi yang penting bagi murid SMP atau SD. Bidang studi yang bisa dijadikan sebagai lahan les privat adalah matematika, bahasa inggris, Science, dan sebagainya. Syarat untuk membuka les privat adalah otak yang encer, sabar dan telaten, serta komunikatif. Peserta les privat ini bisa diajak dari tetangga-tetangga sekitar, terutama yang akan mendekati ujian. Lumayan kan nambah uang jajan dan bisa bagi bagi ilmu sama adik adik kita

2.    Usaha pernak-pernik
Pelajar kreatif bisa membuka usaha pernak-pernik, seperti bando, bross, ikat rambut, pin, dan sebagainya. Pelajar bisa menjual hasil usahanya kepada teman-teman sekelas dan juga teman-teman kelas tetangga. Modal utama dalam usaha pernak-pernik ini adalah kretivitas dan tahan banting. Kreativitas karena pernak-pernik yang kreatif dan lucu-lucu banyak diminari pelajar. Tahan banting karena di awal-awal usaha sering mandek alias tak ada pemasukan. Pasti seneng deh hasil karya kita bisa berguna untuk temen-temen.

3.    Penulis
Pelajar yang hobi menulis, baik fiksi maupun nonfiksi, bisa menjual tulisannya kepada penerbit untuk dibukukan. Jikalau pun tidak dibukukan, hasil karya tersebut, terutama cerpen dan puisi, tetap dapat menghasilkan uang yaitu dengan mengirimkannya ke koran atau majalah. Akan tetapi, untuk hal ini, teman-teman pelajar harus “pantang menyerah” karena seringkali tulisan tidak dimuat oleh pihak koran atau majalah. Memang, kata kunci untuk menjalani bisnis sebagai penulis adalah skill menulis, pengetahuan yang luas, dan pantang menyerah.

4.    Distributor
Bagi teman-teman yang sering “jajan baju” bisa memanfaatkan hal ini sebagai suatu wirausaha baru. Kalian bisa bekerjasama dengan salah satu produk sandang dan menjadi reseller produk tersebut, karena kalian yang paling tahu apa yang lagi tren di kalangan teman-temanmu dan hal itu bisa dimanfaatkan. Selain produk sandang, produk kecantikan juga bisa menjadi barang yang pas untuk dijual ke teman-teman wanitamu, pasti banyak yang order apalagi jika harga yang kamu tawarkan cocok dikantong pelajar.

5.    Jual Beli Buku Loak dan Jasa Photocopy
Pelajar bisa memanfaatkan buku-buku pelajaran yang sudah tidak tepakai lagi untuk dijual ke adik-adik kelas. Jika mau, ajak kakak kelas untuk ikut berkontribusi sehingga buku-buku dari kakak kelas pun bisa dijual ke teman-teman seangkatan. Atau bisa juga lewat jasa photocopy dimana teman-teman pelajar bisa mendapatkan keuntungan karena membantu teman-teman lain mendapatkan tempat photocopy dengan mudah dan murah.

6. Berjualan di Area Sekolah
Buat kalian para pelajar yang suka kuliner, pasti tau dong apa aja menu makanan yang lagi tren saat ini. Dan hal itu bisa dimanfaatkan dengan berjualan di area sekolah, kamu bisa menitipkan makanan ke ibu kantin untuk dijual itu bisa menguntungkan kedua belah pihak loh. Bisa juga kalian berjalan keliling sekolah dengan menjajakan makanan atau barang yang kamu bawa dari rumah. Dan juga kalian bisa berjualan yang lebih besar di bazzar sekolah saat event tertentu.

Itulah sedikit contoh usaha kecil yang bisa dilakukan para pelajar tanpa mengganggu aktivitas belajar. Solusi tentang bagaimana cara memulai Karier berbisnis mu adalah tulis dan visualisasikan semua impian anda, masuklah komunitas-komunitas pengusaha, kenali dan geluti setiap detail bisnis anda, kuatkan niat dan siapkan diri, berdoa dan ingat tujuan awal. Banyak banget kan cara untuk bisa dapet uang jajan tambahan tanpa ganggu aktivitas belajar? Nah, ayo coba berbisnis!

Komentar