POMADE (POjok MAca HAde)



Identitas buku

• Judul buku : Himpunan

• Penulis : Citra Saras

• Penerbit : Sunset Road

• Tahun terbit : 2019

• Jumlah halaman : 560 halaman

 

Review :

Himpunan merupakan novel bergenre teen-fiction yang bercerita mengenai kehidupan berorganisasi di sebuah Universitas di Bandung. Cerita ini diawali oleh Dimas, seorang mahasiswa ambisius yang mengajak Kanaya untuk menjadi rekannya dalam pencalonan ketua himpunan. Novel ini berisi lika-liku kehidupan berorganisasi yang dibumbui kisah cinta segitiga. Himpunan memberikan gambaran bagaimana sebuah pencalonan dimulai, membuat strategi kampanye, membentuk kabinet kerja, dsb. yang berkaitan dengan sebuah organisasi. Himpunan juga memberikan saran atau solusi untuk para pembaca yang sedang mengalami kendala dalam situasi yang sama. Ada satu bait dalam cerita ini yang mengena hati.

 

"Semua pertanyaan hanya membutuhkan jawaban, dan semua kesalahan hanya membutuhkan pengakuan dan maaf,"

 

Dalam kalimat tersebut membuat percaya bahwa setiap pertanyaan pasti akan ada jawaban, dan setiap kesalahan hanya memerlukan pengakuan dan maaf. Maaf akan selalu maaf, ketika maaf tanpa "tapi".

 

Kekurangan :

Karena latar waktu dan tempat yang menggambarkan sebuah organisasi di lingkup perkuliahan atau jenjang atas, terkadang ada istilah-istilah yang tidak begitu dijelaskan. Mungkin penulis perlu menambahkan footnote untuk istilah-istilah tersebut agar pembaca masih tetap memahami maksud cerita.

 

Kelebihan :

Cerita ini mengandung bahasa daerah. Untuk mempermudah para pembaca, penulis menambahkan terjemahan setelah kalimat yang menggunakan bahasa daerah tersebut.

Komentar