Review : Aroma Karsa

 


  Aroma karsa merupakan novel bergenre fiksi yang mengisahkan berbagai unsur petualangan, misteri, mitologi, epigrafi, fantasi, dan misteri yang tak sedikit dibumbui oleh romansa. Novel ini pertama kali terbit pada Mei tahun 2018 lalu oleh penulis terbaik Indonesia, Dee Lestari. Salah satu dari karya terbaiknya ini berkisah tentang Jati Wesi, pemuda berusia 26 tahun yang sepanjang hidupnya tinggal di TPU Bantargebang, bersama bapak tua yang tambun bernama Nurdin. Jati memiliki kemampuan indra penciuman yg luar biasa dan di atas rata-rata manusia pada umumnya hingga mendapat julukan "si hidung tikus". Raras Prayagung, wanita yang merupakan seorang pengusaha besar sebuah perusahaan bernama Kemara memiliki ambisi untuk menemukan Puspa Karsa yang selalu menghantui dan menjadi misteri.

 Tanaya Suma, wanita muda berusia 26 tahun merupakan anak angkat Raras. Suma memiliki kemampuan penciuman yang sama dengan Jati. Raras telah mempersiapkan Jati dan Suma sebaik mungkin, agar dapat mencapai ambisinya memiliki Puspa Karsa. Ekspedisi Puspa Karsa tidak hanya berbahaya, namun juga mengupas misteri-misteri di balik Gunung Lawu dan juga kehidupan Jati Wesi dan Tanaya Suma.

 Masterpiece satu ini berfokus pada membangun karakter tokoh yang terdapat dalam novel. Semua orang rasanya ingin bertemu Jati, dengan segala kepribadian dan kemampuan yang dimilikinya. Novel Aroma Karsa membuktikan bahwa novel itu cerita tentang seseorang, bukan tentang peristiwa. Semakin menarik karakter yang kita ciptakan semakin menarik isi novelnya. Orang menarik akan menarik peristiwa-peristiwa menarik. Keberhasilan Dee Lestari yang terus membuat pembaca penasaran selalu menjadi nilai tambah novel ini. Mana tau kalau di balik kebaikan Raras ternyata ada kelicikan. Mana tau kalau di balik namanya yang bikin penasaran, Puspa Karsa adalah hal yang paling berbahaya bagi manusia dan seisi Desa Dwarapala. Kisah romansa antara Jati dan Suma pun membawa kehangatan sekaligus rasa was-was. Sumber mengenai parfum dan dunia pembalap pun Dee dapatkan langsung dari ahlinya, tak heran banyak sekali istilah ilmiah yang sulit dipahami namun tetap memberikan kesan estetis.

 

 Kelebihan :

Aroma Karsa dapat memberikan rasa ingin tahu kepada setiap pembacanya. Buku ini sempurna. Menceritakan tentang asal-usul kenapa bisa begini dan begitu, serta bermacam flashbacks dari berbagai sudut pandang kehidupan masing-masing karakter yang dibalut dengan sempurna dan tidak membuat pembaca pusing.

 

Kekurangan :

Mungkin bagi pembaca awam yang baru mengenal karya Dee Lestari, novel ini menakutkan dan membosankan pada seperempat buku karena isinya berhubungan dengan indera penciuman, tentang wewangian dan bau.


Komentar