Beberapa hari lagi event olahraga terbesar di Daci akan segera hadir. Pastinya teman-teman sudah mengetahui lomba apa saja yang akan dipertandingkan. Berikut ini adalah peraturan masing-masing lomba yang akan dipertandingkan. Selamat Membaca :)
1. Futsal Putra
Tempat :
Lapangan SMAN 2 Cimahi
Teknis Perlombaan :
A. SYARAT & KETENTUAN
PERTANDINGAN FUTSAL KHUSUS DARI PANITIA
v SYARAT DAN KETENTUAN
PERTANDINGAN
1.
Peserta adalah siswa aktif SMAN 2 CIMAHI.
2.
Merupakan
asli dari kelasnya masing-masing.
3.
Tidak
ada tukar atau meminjam pemain dari kelas lain.
4.
Tiap team terdiri dari 10 orang pemain, (5 pemain Utama dan 5
pemain Cadangan)
serta 1 official
5.
Tiap Team dapat mengganti komposisi pemain selama Kompetisi
Berlangsung
asalkan terdaftar dalam daftar susunan pemain (DSP) sebelum bertanding.
6.
Panitia berhak untuk MENDISKUALIFIKASI Team yang dianggap tidak
memenuhi syarat pada point 1,2 dan 3
7.
Setiap
team mengusahakan memiliki kaos team
nya masing-masing.
8.
Setiap
pemain diharapkan menggunakan pelindung kaki dan kaos kaki panjang
9.
Pemain dengan penjaga gawang dibedakan warna kaos
team nya.
v SISTEM PERATURAN
PERTANDINGAN
· Peraturan mengacu kepada
peraturan yang telah ditetapkan FIFA.
· Pertandingan dilakukan
dalam System
gugur.
B.
WAKTU
PERTANDINGAN
·
Permainan
dilakukan selama 2x8 menit untuk
penyisihan dan 2x10 menit
untuk final
·
Pemain akan diberi istirahat selama 2 menit
·
Jika permainan dalam penyisihan
dan semi-final skor imbang maka akan dilangsungkan adu penalty
·
Untuk babak
final, jika pertandingan seri akan diberi extra
time dan jika masih saja seri maka akan diadakan adu penalty.
C.
PELANGGARAN
TERAKUMULASI
1.
Hukuman-hukuman yang mengakibatkan tendangan
bebas langsung seperti:
·
Menendang atau mencoba menendang lawan.
·
Mengganjal atau mencoba mengganjal lawan.
·
Menerjang lawan.
·
Mendorong lawan, meskipun dengan bahunya.
·
Memukul
atau mencoba memukul lawan.
·
Memegang lawan.
·
Meludah
pada lawan.
· Melakukan sliding tackle dalam rangka mencoba merebut
bola ketika bola sedang dimainkan/dikuasai oleh lawan. Kecuali untuk penjaga
gawang didaerah pinaltinya sendiri dan dengan syarat ia tidak bermain dengan
hati-hati, kasar atau menggunakan kekuatan yang berlebihan.
·
Menyentuh lawan sebelumya, ketika berusaha menguasai
bola.
· Memegang bola secara sengaja, kecuali dilakukan oleh
penjaga gawang di daerah pinaltinya sendiri.
2. Lima kesalahan yang telah dilakukan oleh
masing-masing tim diakumulasikan dibabak pertama dan dicatat dalam ringkasan
pertandingan.
3. Untuk babak kedua semua akumulasi kesalahan
pada babak pertama dihilangkan, dan pada babak kedua akumulasi dihitung dari
pertama.
4. Posisi tendangan bebas
Untuk kumpulan lima jenis pelanggaran pertama
dicatat oleh kedua tim di setiap babaknya:
· Para
pemain dari tim lawan boleh membentuk dinding untuk mempertahankan tendangan bebas.
· Seluruh pemain lawan harus berada tidak kurang berjarak 3 meter dari bola, sampai bola dalam permainan.
· Gol dapat tercipta secara langsung dari tendangan bebas
ini.
Pada permulaan dari terjadinya pelanggaran
akumulasi yang keenam dicatat untuk kedua tim pada setiap babak:
· Para pemain tim lawan tidak boleh membentuk dinding
(untuk mempertahankan tendangan bebas yang diberikan akibat Pelanggaran
keenam).
·
Pemain yang melakukan tendangan bebas harus
diidentifikasi dengan baik dan jelas.
· Penjaga gawang harus tetap dalam daerah pinaltinya dengan
tidak kurang jarak 5 meter dari bola.
· Seluruh pemain lainnya di lapangan harus berjarak tidak
kurang 5 meter dari bola dan tidak boleh mengganggu pemain yang akan melakukan
tendangan bebas. Tidak boleh ada pemain lain yang boleh melewati barisannya
yang sejajar dengan posisi bola (tidak boleh melewati garis imajiner) sampai
bola telah disentuh atau dimainkan.
5.
PROSEDUR
Untuk pelanggaran keenam dan pelanggaran terakumulasi selanjutnya;
· Bola ditempat pada titik penalti kedua.
· Pemain yang melakukan tendangan bebas, harus menendang bola dengan tujuan mencetak gol dan tidak
boleh mengoper bola kepada pemain kawan satu timnya
· Setelah tendangan bebas dilakukan, tidak ada pemain yang
boleh menyentuh bola sampai bola tersebut disentuh oleh penjaga gawang, atau
telah memantul pada tiang gawang atau palang gawang atau telah meninggalkan
lapangan (yang dimaksud keluar lapangan).
D. PELANGGARAN DAN SANKSI
Ketika pergantian pemain sedang dilakukan,
seorang pemain cadangan masuk lapangan sebelum pemain yang akan digantikannya
meninggalkan lapangan secara sempurna atau pemain pengganti meninggalkan
lapangan dilakukan bukan dari tempat atau daerah pergantian pemain yang telah
ditetapkan,maka:
· Permainan dihentikan.
· Pemain yang diganti diperintahkan untuk meninggalkan
lapangan.
· Pemain pengganti tersebut diperingatkan dan
menunjukkan kartu kuning.
· Permainan dimulai kembali dengan melakukan tendangan
bebas tidak langsung
· Dilakukan oleh tim lawan dari tempat dimana bola
berada ketika permainan dihentikan.
· Jika bola didalam daerah pinalti, tendangan bebas
tidak langsung dilakukan dari garis daerah pinalti, dilakukan dari tempat yang
terdekat dimana posisi bola berada ketika permainan dihentikan.
E.
MENGHIDUPKAN BOLA KEMBALI KE DALAM PERMAINAN
a.
Tendangan
ke dalam
Apabila tendangan ke dalam dilakukan langsung
ke arah gawang dan tercipta gol tanpa tersentuh/disentuh
oleh pemain lain, maka gol tersebut dinyatakan tidak sah)
b.
Tendangan
Sudut
c.
Pembersihan
gawang oleh penjaga gawang
d.
Tendangan bebas langsung dan tidak langsung
e.
Setiap keadaan di atas, hanya dilakukan dalam 4 detik dengan
jarak lawan 2,5 meter dari bola, mulai dari bola ditempatkan/diletakkan.
f. Apabila terjadi pelanggaran terhadap peraturan tersebut,
maka tendangan dilakukan/ diberikan kepada pihak lawan.
F.
TENDANGAN HUKUMAN
·
TENDANGAN BEBAS TIDAK LANGSUNG.
Tendangan ini diberikan kepada tim lawan, jika seorang pemain
melakukan pelanggaran ringan atau backpass
kepada keeper. Tendangan diambil dari titik di mana pelanggaran terjadi.
Jika terjadi di kotak penalti, maka tendangan diambil dari garis penalti
terdekat. Gol dapat dicetak hanya jika bola sudah menyentuh pemain lain sebelum
masuk gawang. Tim yang bertahan diperbolehkan membentuk dinding pertahanan
dengan jarak minimal 5 meter dari bola.
·
TENDANGAN BEBAS LANGSUNG.
Kondisi normal: Diberikan
kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan pelanggaran berat. Gol dapat
langsung tercipta melalui tendangan ini. Tim yang bertahan diperbolehkan
membentuk dinding pertahanan dengan jarak minimal 5 meter dari bola.
G.
PEMBERSIHAN GAWANG/LEMPARAN GAWANG OLEH PENJAGA GAWANG
a. Apabila penjaga
gawang mendapat bola di dalam permainan/bola hidup, pembersihan gawang
dilakukan dengan melakukan lemparan bebas di dalam permainan.
b. Bila bola Out gawang/keluar melalui garis samping
lapangan permainan, maka pembersihan gawang dilakukan dengan melempar bola
untuk memulai permainan,
c. Apabila terjadi pelanggaran terhadap point 2 di atas,
maka diberikan hukuman tendangan bebas tidak langsung di daerah terdekat pada
saat terjadinya pelanggaran.
H.
KARTU
1.
Kartu kuning di berikan Secara individu, seorang
pemain yang melakukan pelanggaran akan diberi peringatan. Salah satunya
berbentuk pemberian kartu kuning. Itu diberikan jika Pemain bersalah melakukan
hal tidak sportif.
·
Mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas
·
Tidak memakai pelindung kaki dan kaos kaki panjang.
·
Tetap melakukan pelanggaran meski telah diberi
peringatan
·
Mengulur-ngulur waktu dimulainya
kembali pertandingan
·
Melanggar jarak saat tendangan hukuman berlangsung.
·
Melanggar prosedur pergantian pemain.
·
Sengaja meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit.
2.
Kartu merah. Seorang pemain yang diberikan kartu
merah, diharuskan untuk meninggalkan lapangan pertandingan dan tidak
diperbolehkan bermain lagi.
Kartu merah diberikan jika:
Kartu merah diberikan jika:
·
Bersalah, bermain sangat kasar.
·
Bersalah, berkelakuan kasar.
·
Meludahi lawan
atau orang lain.
·
Menghalangi gol
yang dibuat tim lawan dengan menggunakan tangan
·
Secara jelas menggagalkan secara ilegal kesempatan
lawan untuk mencetak gol
·
Menggunakan kata-kata yang bersifat menghina.
·
Menerima kartu kuning kedua.
Ketentuan khusus
Ada satu peraturan khusus yang sangat
berbeda dengan sepak bola perihal kartu merah. Di futsal, tim yang pemainnya
terkena kartu merah berhak memasukkan pemain pengganti dua menit setelah kartu
merah diberikan, kecuali sebelum dua menit itu terjadi sebuah gol. Jika gol
terjadi, maka wasit berpatokan pada ketentuan sebagai berikut:
·
Jika posisi lima melawan empat pemain, dan tim dengan
pemain lebih banyak mencetak gol sebelum dua menit, maka tim dengan jumlah
pemain lebih sedikit berhak memasukkan pemain.
·
Jika posisi empat lawan empat dan tercipta gol,
pertandingan akan tetap dilanjutkan dengan jumlah itu.
·
Jika posisi lima lawan tiga atau empat lawan tiga, dan
tim dengan pemain lebih banyak mencetak gol sebelum dua menit, tim dengan tiga
pemain hanya berhak memasukkan satu pemain tambahan.
·
Jika posisi tiga lawan tiga dan tercipta gol,
pertandingan akan tetap dilanjutkan dengan jumlah itu.
·
Jika tim yang lebih sedikit mencetak gol sebelum dua
menit, pertandingan dilakukan tanpa menambah jumlah pemain.
I.
PERLENGKAPAN PEMAIN DAN KESELAMATAN
Seorang pemain tidak boleh menggunakan
peralatan atau memakai apapun yang membahayakan dirinya sendiri atau pemain
lainnya, termasuk bentuk perhiasan apapun.
J. WEWENANG WASIT
Setiap
pertandingan dipimpin oleh seorang wasit yang memiliki wewenang penuh untuk
memegang teguh Peraturan Permainan sehubungan dengan pertandingan dimana ia
telah ditunjuk untuk memimpinnya, terhitung mulai dari saat ia masuk sampai
dengan ia meninggalkan lapangan tersebut.
K.
Tambahan
- Bermain hati-hati banyak penonton dan kaca.
- Jika terjadi insiden pemukulan dan berakhir saling adu jotos langsung diganjar
kartu merah serta diserahkan langsung ke pihak Kesiswaan/BK.
- Junjung
tinggi Sportifitas dan jaga nama baik almamater.
2.
Basket Putra - Putri
Tempat :
Lapangan SMAN 2 Cimahi
Teknis Perlombaan :
a) Babak penyisihan
(3 on 3)
1.Peserta terdiri dari 3
orang (baik tim putra/ tim putri) setengah lapangan basket, cadangan maksimal 5
orang.[ untuk penyisihan ]
2.Permainan berlangsung selama 2 x 3 menit [untuk penyisihan]
3.Istirahat 2 menit di sela pertandingan.
4.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
6.Jika hasil pertandingan seri, akan dilakukan free throw yang dilakukan oleh 3 orang shooters dari setiap tim.
7.Tim dengan skor terbanyak menjadi pemenang
8. Berlaku system Foul, dan Team Foul Out berdasarkan peraturan FIBA
2.Permainan berlangsung selama 2 x 3 menit [untuk penyisihan]
3.Istirahat 2 menit di sela pertandingan.
4.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
6.Jika hasil pertandingan seri, akan dilakukan free throw yang dilakukan oleh 3 orang shooters dari setiap tim.
7.Tim dengan skor terbanyak menjadi pemenang
8. Berlaku system Foul, dan Team Foul Out berdasarkan peraturan FIBA
9. Pemain tiba dilapangan 10
menit sebelum permainan di mulai. Jika Tim belum tiba setelah 3 menit
pemanggilan, maka akan dianggap mengundurkan diri/ di diskualifikasi.
b) Semi Final
1.Terdiri dari 5 orang (baik tim putra/ tim putri), cadangan maksimal 5 orang.
2.Waktu pertandingan 2 quarter x 10 menit untuk putra, dan 2 quarter x 5 menit untuk putrid.
3.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
1.Terdiri dari 5 orang (baik tim putra/ tim putri), cadangan maksimal 5 orang.
2.Waktu pertandingan 2 quarter x 10 menit untuk putra, dan 2 quarter x 5 menit untuk putrid.
3.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
4.Pergantian pemain tidak
terbatas.
5.Pemain tiba dilapangan 10 menit sebelum permainan di mulai. Jika Tim belum tiba setelah 3 menit pemanggilan, maka akan dianggap mengundurkan diri/ di diskualifikasi.
5.Pemain tiba dilapangan 10 menit sebelum permainan di mulai. Jika Tim belum tiba setelah 3 menit pemanggilan, maka akan dianggap mengundurkan diri/ di diskualifikasi.
6.Istirahat selama 2 menit
disela permainan.
7.Jika seri, dilakukan penambahan waktu 3 menit sampai salah satu tim mengungguli lawan, jika angka tetap sama dilakukan free throw sebanyak satu kali untuk setiap pemain.
7.Jika seri, dilakukan penambahan waktu 3 menit sampai salah satu tim mengungguli lawan, jika angka tetap sama dilakukan free throw sebanyak satu kali untuk setiap pemain.
8. Tim dengan skor terbanyak menjadi pemenang.
9. Berlaku system Foul, dan
Team Foul Out berdasarkan peraturan FIBA.
c) Final
1.Terdiri dari 5 orang (baik tim
putra/ tim putri), cadangan maksimal 5 orang.
2.Waktu pertandingan 4 quarter x 5 menit waktu bersih (untuk putra dan putri).
3.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
2.Waktu pertandingan 4 quarter x 5 menit waktu bersih (untuk putra dan putri).
3.Jika bola dimasukan ke ring di dalam garis 3 point maka dihitung 2 point, dari free throw maka dihitung 1 point, diluar garis 3 point maka dihitung 3 point.
4.Pergantian pemain tidak
terbatas.
5.Pemain tiba dilapangan 10 menit sebelum permainan di mulai. Jika Tim belum tiba setelah 3 menit pemanggilan, maka akan dianggap mengundurkan diri/ di diskualifikasi.
5.Pemain tiba dilapangan 10 menit sebelum permainan di mulai. Jika Tim belum tiba setelah 3 menit pemanggilan, maka akan dianggap mengundurkan diri/ di diskualifikasi.
6.Istirahat selama 2 menit disela
permainan.
7.Jika seri, dilakukan penambahan waktu 3 menit sampai salah satu tim mengungguli lawan, jika angka tetap sama dilakukan free throw sebanyak satu kali untuk setiap pemain.
7.Jika seri, dilakukan penambahan waktu 3 menit sampai salah satu tim mengungguli lawan, jika angka tetap sama dilakukan free throw sebanyak satu kali untuk setiap pemain.
8. Tim dengan skor terbanyak menjadi pemenang.
9. Berlaku system Foul, dan
Team Foul Out berdasarkan peraturan FIBA
10. Tiap-tiap angkatan terdapat Juara 1 dan 2.
11. Keputusan Wasit dan
Panitia Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
3. Bulu Tangkis
Tempat : Aula SMAN 2 Cimahi
Teknis
Perlombaan :
1. Perlombaan
dilaksanaan 2 set dan 1 set tambahan bila diperlukan. waktunya ditentukan oleh
permainan.
2. Pemenang
diharuskan mendapat 11 point, apabila kedua-duanya mendapatkan point 10 (game
point) maka pertandingan akan dilanjutkan hingga berselisih.
3. Peralatan
lomba harap dibawa oleh masing-masing peserta.
4. Permainan
dilaksanakan ganda campuran (1 orang putra dan 1 orang putri).
5. Dilaksanakan
untuk kelas X, XI, dan XII
6. Peserta
diharuskan mengenakan pakaian olahraga.
7. Datang
lebih dari 3 menit setelah waktu yang telah ditentukan akan didiskualifikasi.
8. Peraturan
permainan yang lain disesuaikan dengan peraturan permainan bulu tangkis pada
umumnya.
9. Keputusan
wasit bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
4.
Cerdas
Cermat
Tempat : Aula Kecil ( X IPS 1 dan X IPS 2 )
Teknis Perlombaan :
Tempat : Aula Kecil ( X IPS 1 dan X IPS 2 )
Teknis Perlombaan :
1. Dalam
satu pertandingan terdiri dari 3 kelas.
2. Satu
kelas terdiri dari 3 orang perwakilan (putra/putri)
3. Peserta
dilarang membawa gadget, melirik supporter, dan meminta bantuan selain kepada
timnya masing-masing.
4. Tiap
tim disediakan 1 bel, jika salah satu peserta dari suatu tim menekan bel, maka
dianggap akan menjawab. Tidak ada system jubir.
5. Pertandingan
terdiri atas 2 babak :
·
Babak1
:diberikan 8 soal untuk penyisihan dan 10 soal untuk final tentang menebak
judul lagu, liriklagu, atletik. Jika salah/ tidak dapat menjawab maka
pertanyaan akan di lempar kekelompok berikutnya.
·
Babak rebutan
: diberikan soal pengetahuan umum, 20 soal untuk penyisihan dan 30 soal untuk
final mengenai musik, artis, olahraga, daci dan logo dalam format isian. Dan
panitia akan memberikan bukti kebenaran jawabannya dari Wikipedia atau
sumberlainnya.
6. Jika
setelah 5 menit tim yang dipanggil tidak datang, maka panitia akan
mendiskualifikasi tim tersebut.
5.
Dance Competition
Tempat : -
Teknis
Perlombaan :
1.
Lomba bersifat kolektif dan wajib
2.
Lomba diikuti oleh siswa kelas X, XI, dan XII SMAN 2 Cimahi.
3.
Hasil dari dance competition dikumpulkan dalam format video (.mp4, .3gp, atau
.flv) kepada panitia.
4.
Video berdurasi minimal 2 menit dan maksimal 5 menit
5.
Genre dari tarian bebas (hip hop, cover dance, dsb)
6.
Tarian wajib dilakukan oleh kelompok (minimal 2 orang atau lebih)
7.
Setiap anggota kelompok wajib dari 1 kelas yang sama.
8.
Peserta dilarang menampilkan gerakan yang erotis atau kurang senonoh, dan
pakaian harus sopan.
9.
Hasil dari video dikumpulkan pada hari Kamis,
10 Desember 2015 sepanjang acara Class Meeting hari itu, atau paling lambat
hari Jum’at, 11 Desember 2015 pukul
13.00 di Ruang OSIS.
10.
Tiga kelompok peserta dengan tarian terbaik akan ditampilkan di hari terakhir
Class Meeting, yaitu Selasa, 15 Desember
2015 di akhir acara.
11.
Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
6.
Dubsmash
Tempat : -
Teknis Perlombaan :
Tempat : -
Teknis Perlombaan :
1. Peserta
merupakan siswa SMA Negeri 2 Cimahi kelas X, XI, XII.
2. Setiap
kelas mengikuti lomba ini dengan perwakilan bebas berapapun orangnya.
3. Setiap
kelas menampilkan 1 buah video dari app
dubsmash bebas.
4. Lomba
ini kolektif dalam bentuk video.
5. Terdapat
3 juara, bergantung dari likers terbanyak
(tidak dilihat dari perangkatan)
6. Pengumpulan
video hanya dilakukan pada hari pertama Classmeeting kepada panitia di podium melalui
direct messages (instagram) langsung
ke instagram OMACHI (jika
dikumpulkan diluar hari dan waktu yang telah ditentukan, maka video tidak akan
diterima).
7. Keputusan
dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Akustik
Tempat : -
Teknis Perlombaan :
7. Akustik
Tempat : -
Teknis Perlombaan :
1.
Peserta
merupakan siswa SMA Negeri 2 Cimahi kelas X, XI, XII.
2.
Setiap
kelas mengikuti lomba ini dengan perwakilan 4-6 orang.
3.
Setiap
grup menampilkan 2 buah lagu, yaitu 1 lagu pop Indonesia dan 1 lagu bebas.
4.
Lomba
ini kolektif dalam bentuk video berdurasi maksimal 8 menit.
5.
Terdapat
juara 1, 2, dan 3 untuk 3 angkatan.
6.
Pengumpulan video hanya dilakukan pada hari
kedua Classmeeting mulai pukul 13.00-15.00 WIB kepada panitia di podium melalui
flashdisk (jika dikumpulkan
diluar hari dan waktu yang telah ditentukan, maka video tidak akan diterima).
7.
Keputusan
dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Komentar
Posting Komentar