Pancasila adalah dasar
Negara Indonesia tetapi banyak masyarakat yang tidak menerapkan dasar Negara
kita ini baik dari kalangan bawah hingga kalangan tinggi. Ada tradisi disetiap
sekolah dari mulai tk hingga SMA, yaitu upacara bendera yaitu yang salah
satunya pembacaan teks Pancasila. Walaupun dari SD hingga SMA melakukan upacara
tetapi hanya sedikit orang yang menerapkan Pancasila tersebut karena dari usia
dini belum diajarkan padahal memori anak usia dini paling mudah merekamnya.
Cara ini bisa jadi menjadi salah satu jalan keluar untuk membuat anak-anak
mulai mengenali sila demi sila dalam Pancasila dan mulai diajari nilai-nilai
yang tercermin dari tiap sila itu.
Sebagaimana kita lihat bahwa
rentang usia 4-6 tahun disebut dengan masa usia dini, yang merupakan masa
keemasan bagi seseorang karena masa
inilah seluruh informasi dapat diserap dengan mudah dan cepat oleh anak melalui
seluruh panca indranya. Sebagai analoginya bahwa anak ibarat spons yang mampu
menyerap air tanpa peduli apakah air itu bersih atau kotor, oleh karena itu
masa ini sering disebut dengan masa kritis untuk memperkenalkan dan menanamkan
segala hal yang positif dan berguna bagi perkembangan anak dimasa selanjutnya.
Dengan pembelajaran terpadu
anak diajak untuk bermain sambil belajar dan belajar seraya bermain. Contohnya,
penanaman nilai-nilai luhur yang tercermin dalam Pancasila diajarkan kepada
anak-anak melalui kegiatan sembahyang bersama. Nilai kebersamaan yang merupakan
penjabaran nilai persatuan dikenalkan kepada anak-anak melalui permainan
yangmenonjolkan pentingnya kerja sama diantara mereka.
Itulah contoh penerapan
pancasila dalam usia dini. Jika diterapkan dan diperkenalkan terus menerus
tentang isi pancasila maka anak tersebut akan mudah menghafal ini cara efektif
agar anak dapat menerapkan pancasila di kehidupannya. Karena kurangnya
penerapan nilai-nilai pancasila yang terjadi sekarang ini harus mulai kita
perbaiki. Dengan pendidikan Pancasila di usia dini anak diperkenalkan tentang
apa itu pancasilan dan cara mengamalkan pancasila.
Komentar
Posting Komentar